Find Me On:

Thursday, October 24, 2013

Merajut Pakai Benang Poyeng

Pengen cerita agak panjang niy tentang awal mula aku tertarik merajut (knitting). Dulunya, aku sempat nyoba belajar merenda (crochet) terlebih dahulu dengan berbekal buku 'Rajutan untuk Pemula' oleh Tatha Pang, dan setelah bikin beberapa proyek setengah jadi, akhirnya aku berhenti crochet, nah pas aku lagi hamil sekitar 6 bulan, aku ketemu benang-benang dan proyek setengah jadi itu, akhirnya aku memutuskan mau bikin proyek crochet lagi. Jadilah aku nanya-nanya pattern crochet sama mbah google, eh pas searching-searching aku nemu istilah knitting. Akhirnya malah ngulik-ngulik tentang knitting... nah saat aku searching-searching buku tentang belajar merajut, terdamparlah aku  di blog Poyeng soalnya aku tertarik dengan buku 'Sehari Mahir Merajut' by Ajeng Galih Sitoresmi (judulnya kan sudah profokatif gitu, bener nggak niy sehari aku bisa langsung bisa merajut ;p )..  dari web ini aku tahu web ols-nya Poyeng …. Langsung aku bookmark deh ols nya… Nah, kebetulan nggak berapa lama kemudian aku road trip tuh naik mobil bareng suami dan anak-anak ke Yogjakarta, soalnya mau jalan-jalan ke pantai-pantai di daerah Gunung Kidul… So, sebelum balik lagi ke rumah ku di Bekasi, aku sempetin deh singgah ke workshop-nya Poyenghobby yang ada di Jl. Palagan… Workshop-nya agak nyempil gitu, awalnya nggak gitu ketara, setelah masuk ke dalam ternyata tokonya nyaman dan hommy, malah bisa belajar merajut juga di sana (sayang waktu ku mepet euy), plus asisten-nya juga ramah, malah aku sempat numpang ke belakang.. hehehehe… (maklum ibu hamil bawaannya ingin ke belakang terus), setelah pilah-pilih en nanya-nanya ke asisten yang lagi jaga aku di rekomendasikan beli SPN bambu size US 6 dan US 7 untuk pemula plus beli benang sweet cotton poyeng, soft acrylic dll... tentu saja nggak ketinggalan beli buku 'Sehari Mahir Merajut'. 

Sepanjang perjalanan pulang kembali ke Bekasi, di mobil aku langsung sibuk ngulik tuh buku… Love it.. Istilah-istilahnya juga cukup jelas, sama seperti istilah-istilah hasil aku searching-searching di web luar, jadi aku nggak bingung sama istilah-istilah yang ada di buku, langkah-langkah gambarnya beserta penjelasan tiap langkah cukup jelas dan cukup detil sehingga mudah diikuti. Selain itu, ada ada ulasan cara mengatasi masalah saat merajut yang dihadapi oleh pemula, dan nggak ketinggalan tentu saja beberapa pola rajut yang cocok untuk pemula. Recommended deh bukunya buat perajut pemula seperti aku.  

Ini proyek rajut pertamaku Tas Kecil, polanya dari buku Sehari Mahir Merajut yaitu pola Simple Cellphone Case yang aku modif sedikit, aku pakai benang sweet cotton poyeng polos warna hitam.

Ini proyek knitting-ku selanjutnya Sepatu Bayi, aku pakai benang sweet cotton poyeng polos warna denim tua.


Untuk topi bayi ini, aku pakai benang sweet cotton poyeng gradasi biru dan benang sweet cotton poyeng polos warna denim tua.


Hasil rajutanku (knitting dan crochet) lainnya, yang menggunakan benang sweet cotton poyeng:


Oya, benang sweet cotton poyeng ini, juga bisa untuk membuat Amigurumi, tapi mengisi dakronnya sebaiknya jangan terlalu padat dan diusahakan saat merajut (crochet) yang rapat agar dakron tidak keluar-keluar. Ini hasil amigurumi babi yang aku buat.


Benang sweet cotton poyeng ini, bahannya cukup lembut, terutama yang warnanya polos, sehingga cocok dipakai untuk proyek merajut untuk bayi, wearable dll, untuk yang warnanya gradasi terasa lebih kasar dan agak keset gitu, apalagi kalau merajut pakai SPN bambu, sehingga terasa kurang nyaman dan tanganku jadi gampang pegal, karena agak sulit saat mengeluarkan benang dari jarum rajut bambu (mungkin kalau pakai jarum rajut yang terbuat dari aluminium atau logam tidak akan seperti ini, atau mungkin juga karena aku masih pemula : D ). Benangnya juga cukup kuat lho (terbukti dengan lap meja (dishcloth) yang aku buat, walau sudah di cuci berkali-kali sampai sekarang masih oke), kelemahannya warnanya bisa luntur (karena memakai pewarna tradisonal)

Selain benang sweet cotton poyeng aku juga pakai benang SA poyeng. Berikut beberapa hasil rajutanku (crochet) menggunakan benang SA poyeng.




Benang SA poyeng ini sesuai dengan namanya, SA = Soft Acrylic, benang-nya soft, lembut, cocok digunakan untuk proyek bayi dan wearable lainnya. Selain itu benang ini juga nggak luntur. Benang ini juga cocok dipakai untuk proyek amigurumi dibandingkan sweet cotton poyeng, karena sifat beang akrilik yang lebih lentur atau lebih elastis (kalau pakai benang katun maka akan terlihat agak bolong-bolong, alias dakron atau isian di dalam amigurumi tersebut agak kelihatan). Sebagai contoh, untuk amigurumi babi, aku pakai sweet cotton poyeng, dakron-nya suka keluar-keluar, sedangkan untuk amigurumi bola dan donat aku bakai benang SA poyeng, sampai sekarang dakronnya belum keluar-keluar, paling jadi agak berbulu, soalnya sudah aku cuci beberapa kali. Selain itu seperti benang sweet cotton poyeng, benang SA poyeng ini cukup kuat, karena walaupun sudah dicuci berkali-kali masih oke tuh hasil-hasil rajutanku.

Untuk update berita terbaru Poyeng, biasanya aku cek langsung ke Ols-nya Poyeng Hobby atau Facebook Fanpage-nya Poyeng Hobby, siapa tau ada produk-produk atau promo-promo baru ^_^